Pendaftaran TNI AD 2012

PENDAFTARAN PENERIMAAN / REKRUITMEN PRAJURIT TNI AD TAHUN 2012 :

1.  Pendaftaran AKMIL

2  Pendaftaran PSDP Penerbangan

3. Pendaftaran Bintara

4. Pendaftaran Perwira PK

5.  Pendaftaran Mahasiswa Bea-Siswa

1.  PENDAFTARAN PSDP PENERBANGAN

1. Pendaftaran : Minggu I s.d Minggu IV Juni 2012.
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu I Juli s.d Minggu III Agustus 2012.
3. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu IV Agustus s.d Minggu III September 2012.
4. Sidang Panitia Pusat : Minggu III Oktober 2012.
5. Buka Pendidikan : Minggu I Nopember 2012.

TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)

PERSYARATAN CALON PA PSDB PENERBANGAN

1. Warga negara Republik Indonesia Pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.

2. Setia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

4. Umur pada saat masuk pendidikan pertama tidak kurang dari 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.

5. Persetujuan/ijin orang tua/wali dan bagi calon yang menggunakan wali agar sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dilengkapi dengan kartu keluarga/KK (sesuai keputusan Pangab Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Pebruari 2003).

6. Tinggi badan tidak kurang dari 165 Cm dan panjang kaki tidak kurang dari 100 Cm serta berat badan seimbang.

7. Berbadan sehat (jasmani dan rohani), tidak berkacamata, tidak bertato dan tidak ditindik telinganya.

8. Lulusan SMA/Madrasah Aliyah atau yang setara, Jurusan/Program IPA dengan persyaratan Nilai Ujian Akhir Nasional :

a. Lulusan tahun 2008 s.d 2010 Lulus Ujian nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata pelajaran) dan bagi calon yang menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5.
b. Lulusan tahun 2011 lulus ujian nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada nilai dibawah 6 (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) dan bagi calon yang menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 8 dan tidak ada nilai dibawah 7.
c. Lulusan tahun 2012 akan ditentukan kemudian.

9.Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukumyang tetap

10. Belum pernah menikah dan sanggup tidak nikah selama mengikuti pendidikan petama dan 2 tahun setelah diangkat sebagai letda.

11. Bagi yang sudah bekerja melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi siswa Perwira PSDP Penerbang TNI.

12. Harus mengikuti seleksi, pemeriksaan/pengujian dan pemilihan yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi :

a. Administrasi.
b. Kesehatan badan calon penerbang TNI.
c. Kesemaptaan Jasmani.
d. Mental Ideologi.
e. Psikolog penerbang.
f. Test bakat terbang.
g. Postur dan lahiriah.

13. Harus menandatangani Ikatan Dinas Pendek Keprajuritan selama sepuluh tahun terhitung mulai diangkat sebagai Letnan Dua.

14. Bersedia ditempatkan dimana saja, diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia.

2. PENDAFTARAN BINTARA

1. Pendaftaran : 9 s.d 20 Juli 2012
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 23 Juli s.d 12 Oktober 2012 (Psi 27-28 Agustus).
3. Sidang Panitia Daerah : 17 s.d 18 Oktober 2012.
4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 22 s.d 28 Oktober 2012.
5. Sidang Panitia Pusat : Pria : 1 Nopember 2012 dan Wanita : 2 Nopember 2012.
6. Buka Pendidikan : 5 Nopember 2012

TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat lengkap tempat pendaftaran (klik disini)


PERSYARATAN BINTARA PK TNI AD

1.Warga Negara Republik Indonesia pria/wanita, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta buakn anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.

2. Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 5 Nopember 2012 tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.

3. Tidak kehilangan hak menjadi prajurit TNI, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

4. Berbadan sehat (jasmani dan rohani).

5.Lulusan SMA/SMK/Madrasah Aliyah atau yang setara.

6. Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi serda.

7.Tinggi badan tidak kurang dari 165 Cm bagi pria dan 160 Cm bagi wanita serta memiliki berat badan seimbang

8.Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan ataudikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti Dikma.

9. Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung sejak dilantik menjadi serda dan bersedia ditempatkan dimana saja, diseluruh wilayah Republik Indonesia.

10.Harus ada persetujuan dari orang tua/wali.

11. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang meliputi :

a. Administrasi.
b. Kesehatan.
c. Jasmani.
d. Wawancara.
e. Psikologi.

12. Cara Pendaftaran. Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy :

a. Kartu kewarganegaraan (bagi keturunan WNA).
b. Akte kelahiran/surat kenal lahir.
c. KTP calon dan KTP orang tua/wali.
d. Kartu Keluarga (KK).
e. STTB SD, SMP/MTs dan SMA/MA dan yang disetarakan berikut NUAN.

13. Persyaratan lain :

a.Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
b. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.

14. Bagi yang sudah bekerja melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.

3.  PENDAFTARAN PERWIRA PK

1. Pendaftaran : Minggu I s.d IV September 2012
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu II Okt s.d Minggu I Nop 2012
3. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu II s.d Minggu IV Des 2012
4. Sidang Panitia Pusat : Minggu IV Desember 2012
5. Buka Pendidikan : Minggu I Januari 2013

TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)
Daftar Kebutuhan Jurusan Calon PA PK (Klik disini)

PERSYARATAN CALON PA PK TNI

1. Warga negara Republik Indonesia Pria/wanita, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan anggota/ mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.

2. Setia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

4. Berijazah Profesi/Sarjana/Diploma Negeri/Swasta.

5. Persyaratan IPK (Akumulasi dengan ujian negara untuk PT Swasta) akan ditentukan kemudian.

6. Usia pada saat masuk pendidikan :

a. Tidak lebih dari 32 tahun untuk berijazah profesi Dokter, Apoteker dan psikologi.
b. Tidak lebih dari 27 tahun untuk yang berijazah S.1 dan D III Anestesi.
c. Tidak lebih dari 25 tahun untuk yang berijazah program D III lainnya.

7. Para calon yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta harus sudah lulus negara (dengan melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisir oleh Kopertis).

8. Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama mengikuti pendidikan pertama, kecuali untuk pendaftar berprofesi Dokter diperbolehkan menikah, belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama dalam pendidikan pertama.

9. Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

10. Tinggi badan tidak kurang dari 163 Cm bagi pria dan 157 Cm bagi wanita dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

11. Melaksanakan Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung sejak dilantik menjadi Perwira TNI.

12. Mendapatkan persetujuan dari instansi yang bersangkutan (lolos butuh) bagi mereka yang sudah bekerja dan pernyataan pemberhentian dengan hormat bila lulus dan terpilih masuk Pendidikan Pertama (Dikma) TNI.

13. Bersedia ditempatkan dimana saja diseluruh wilayah Republik Indonesia.

14. Pernyataan tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan suatu Instansi lain.

15. Persyaratan Lain :

a. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.
b. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.

4.  PENDAFTARAN MAHASISWA BEA-SISWA  TNI

1. Pendaftaran : Minggu I s.d Minggu IV Desember 2012
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu I Januari s.d Minggu II Maret 2013
3. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu III s.d IV Maret 2013.
4. Sidang Panitia Pusat : Minggu IV Maret 2013.

TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)
Daftar Alokasi Jurusan Mahasiswa Bea Siswa TNI AD (Klik disini)

UNIVERSITAS YANG DAPAT MENERIMA BEA SISWA
(Klik sini)

PERSYARATAN MAHASISWA BEASISWA

1. Warga Negara Republik Indonesia Pria/Wanita, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri PNS TNI.

2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

4. Mahasiswa Perguruan Tinggi :

a. Jurusan Kedokteran Umum sekurang-kurangnya sudah mencapai gelar sarjana kedokteran.
b. Jurusan/Program Studi S.1 lainnya sekurang-kurangnya sudah mencapai 110 SKS.
c. Program Diploma/D III sekurang-kurangnya sudah mencapai 80 SKS.

5. Indek prestasi kumulatif (IPK) ditentukan kemudian.

6. Usia :

a. Program Sarjana S.1 jurusan Kedokteran Umum :

1). Tidak lebih dari 25 tahun, jika telah mencapai 120 SKS.

b. Program S.1 Lainnya.

1). Tidak lebih dari 23 tahun, jika telah mencapai 100 SKS.
2). Tidak lebih dari 24 tahun, jika telah mencapai 130 SKS.
3). Tidak lebih dari 25 tahun, jika telah mencapai diatas 140 SKS.

c. Program Diploma/ D III

1). Tidak lebih dari 22 tahun, jika telah mencapai 80 SKS.
2). Tidak lebih dari 23 tahun, jika talah mencapai 100 SKS.

7.Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

8. Sehat Jasmani dan Rohani

9. Tinggi badan tidak kurang dari 163 cm bagi pria dan untuk wanita tidak kurang dari 157 Cm.

10 Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam status Beasiswa TNI (kuliah di PT) sampai dengan mengikuti pendidikan pertama (Dikma).

11. Sesuai jurusan (kesarjanaan) yang dibutuhkan dari perguruan tinggi yang ditentukan.

12. Mendapatkan surat rekomendasi dari Dekan/Direktur Fakultas/Jurusan dilampiri transkrip (daftar nilai) studi berikut indeks prestasi kumulatif (IPK).

13.Mengajukan permohonan secara tertulis untuk memperoleh beasiswa Ikatan Dinas TNI kepada Panglima TNI U.p. Aspers, Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur.

14. Sanggup menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun sejak diangkat menjadi Perwira TNI.

15. Sanggup ditempatkan dimana saja, diseluruh wilayah Republik Indonesia setelah selesai pendidikan.

16.persyaratan lain :

a. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.
b. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.

5.  PENDAFTARAN AKMIL  ( Akademi Militer )

1. Pendaftaran : Mulai 6 Pebruari s.d 30 Mar 2012
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 2 April s.d 29 Juni 2012 (Psi 14-15 Mei)
3. Sidang Panitia Daerah : 2 Juli 2012
4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 9 s.d 22 Juli 2012
5. Sidang Panitia Pusat : 27 Juli 2012
6. Buka Pendidikan : 1 Agustus 2012

TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat lengkap tempat Pendaftaran (klik disini)

PERSYARATAN TARUNA AKMIL

1. Warga Negara Republik Indonesia pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan anggota/ mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.

2. Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 1 Agustus 2012 tidak kurang dari 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.

3. Tidak kehilangan hak menjadi Prajurit TNI, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

4. Berbadan sehat (Jasmani dan rohani).

5. Lulusan SMA/ Madrasah Aliyah atau yang setara, jurusan/Program IPA dengan dengan persyaratan Nilai Ujian Akhir Nasional :

a. Lulusan tahun 2008 s.d 2010 Lulus ujian nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata pelajaran) dan bagi calon yang menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5.

b. Lulusan tahun 2011 Lulus ujian nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada nilai dibawah 6 (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) dan bagi calon yang menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 8 dan tidak ada nilai dibawah 7.

c. Lulusan Tahun 2012 akan ditentukan kemudian

6. Belum pernah nikah dan tidak nikah selama dalam pendidikan.

7. Tinggi badan tidak Kurang dari 165 Cm dengan berat badan seimbang.

8. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari DIKMA jika Pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti DIKMA.

9. Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama (IDP) sekurang-kurangnya 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi Letda dan bersedia ditempatkan dimana saja, diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

10. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali.

11. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi :

a. Administrasi.
b. Kesehatan.
c. Jasmani.
d. Wawancara.
e. Psikologi.
f. Akademik.

12. PERSYARATAN LAIN :

a. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.

b. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.

13. CARA PENDAFTARAN
Calon Datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy :

a. Kartu kewarganegaraan (bagi keturunan WNA).
b. Akte kelahiran/surat kenal lahir.
c. KTP Calon dan KTP orang tua/wali.
d. Kartu keluarga (KK).
e. STTB SD, SMP/MTs dan SMA/MA dan yang disertakan berikut NUAN bagi calon kelas III SMA :

1).   Melampirkan raport kelas I s.d III semester I.
2). Melampirkan surat keterangan dari Sekolah bahwa calon tersebut terdaftar sebagai peserta UN.