Buah buah Roh -> menurut Alkitab

2. Buah-buah Roh => Sembilan simbol-simbol Alkitabiah

Source : ( Fruit of the Spirit – The Nine Biblical Attributes )

Buah-buah Roh adalah suatu manifestasi fisik dari transformasi kehidupan seorang Kristen. Untuk lebih mengerti / dewasa sebagai orang-orang percaya, maka kita seharusnya sudah mempelajari dan mengerti apa itu kesembilan buah-buah Roh .

Love ( Kasih ) – “ Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.” ( 1 Johanes 4:16 )

Di dalam Jesus Kristus, tujuan utama kita adalah mengerjakan semua hal dalam kasih.

“ Kasih itu sabar; kasih itu murah hati . Tidak cemburu / iri , tidak memegahkan diri / tidak sombong. Tidak kasar / tidak melakukan yang tidak sopan , tidak mencari keuntungan diri sendiri / tidak egois, tidak pemarah , tidak menyimpan kesalahan-kesalahan orang lain / tidak dendam . Kasih tidak bersenang-senang dengan kejahatan / tidak bergembira karena ketidakadilan, tetapi bersukacita dengan kebenaran. Kasih itu selalu melindungi, selalu percaya, selalu berpengharapan, selalu bertekun / gigih. Kasih takkan gagal / tidak lupa / tidak lalai. ( 1 Korintus 13:4-8 ) .

Through Jesus Christ, our greatest goal is to do all things in love. “Love is patient, love is kind. It does not envy, it does not boast, it is not proud. It is not rude, it is not self-seeking, it is not easily angered, it keeps no record of wrongs. Love does not delight in evil but rejoices with the truth. It always protects, always trusts, always hopes, always perseveres. Love never fails” (1 Corinthians 13:4-8).

Joy ( Suka-cita ) – “ Suka-cita yang dari Tuhan adalah kekuatanmu “ ( Nehemia 8:10 ).

“ Marilah kita memandang Jesus, yang menjadi sumber dan yang menyempurnakan iman percaya kita , Dia yang mulia dan yang dipuji kemudian rela memikul salib , menerima berbagai pehinaan dan caci maki , dan yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” ( Ibrani 12 : 2 )

“ Let us fix our eyes on Jesus, the author and perfecter of our faith, who for the joy set before him endured the cross, scorning its shame, and sat down at the right hand of the throne of God ” (Hebrews 12:2 ).

Peace ( Damai ) – “ Karena itu, sejak kita telah mempunyai iman percaya yang benar , kita memperoleh damai dari Tuhan melalui junjungan kita Jesus Kristus “ ( Roma 15:13 )

“Therefore, since we have been justified through faith, we have peace with God through our Lord Jesus Christ” (Romans 5:1).

“ Kiranya Tuhan sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sebagaimana kamu percaya padaNya , dengan demikian kamu akan melimpah dengan pengharapan oleh kekuatan dari Roh Kudus “ ( Roma 15:13 )

“May the God of hope fill you with all joy and peace as you trust in him, so that you may overflow with hope by the power of the Holy Spirit” (Romans 15:13).

Longsuffering / patience ( Ketabahan / kesabaran ) – Kita “ dikuatkan dengan sangat kuat, sesuai dengan kuasaNya yang maha mulia, untuk semua kesabaran dan ketabahan dengan penuh sukacita “ ( Kolose 1:11 )

We are “strengthened with all might, according to his glorious power, unto all patience and longsuffering with joyfulness” (Colossians 1:11).

“ Dengan segala kerendahan hati dan keramahan , dengan ketabahan / kesabaran , saling memaklumi / saling tolong satu sama lain di dalam kasih “ ( Epesus 4 : 2 )

“With all lowliness and meekness, with longsuffering, forbearing one another in love” (Ephesians 4:2).

Gentleness , kindness ( Jujur dan bertanggung-jawab , murah-hati / baik-hati ) — Kita harus hidup “ dalam kesucian, saling pengertian, sabar dan baik hati ; di dalam Roh Kudus dan dalam kasih yang tulus ; dalam berbicara selalu yang benar dan dalam kuasa Tuhan ; dengan senjata kebenaran di tangan kiri dan ditangan kanan “ ( 2 Korintus 6: 6-7 )

We should live “in purity, understanding, patience and kindness; in the Holy Spirit and in sincere love; in truthful speech and in the power of God; with weapons of righteousness in the right hand and in the left” ( 2 Corinthians 6:6-7 )

Goodness ( Kebaikan ) — “ Itulah sebabnya kami selalu mendoakan kalian , supaya Tuhan menjadikan kalian layak masuk dalam daftar panggilanNya, memenuhi kalian dengan kebahagiaan yang baik yang berasal dariNya , dan pekerjaan dari iman dengan kekuatan “ 2 Tesalonika 1 : 11 )

“Wherefore also we pray always for you, that our God would count you worthy of this calling, and fulfill all the good pleasure of his goodness, and the work of faith with power” (2 Thessalonians 1:11).

“ Karena buah-buah Roh adalah berada dalam semua sifat kebaikan , sifat keadilan dan kebenaran “ ( Epesus 5 : 9 ).

“For the fruit of the Spirit is in all goodness and righteousness and truth” (Ephesians 5:9).

Faith / faithfulness ( Percaya / benar-benar percaya )

“ O yang Mulia, Engkaulah Tuhan penciptaku ku ; aku mengagungkan Mu, aku memuji nama-Mu ; sebab karya-karya-Mu sangat menakjubkan; Engkau selalu membimbing sejak jaman dahulu dengan benar dan terpercaya “ ( Jesaya 25 : 1 )

” O Lord, thou art my God; I will exalt thee, I will praise thy name; for thou hast done wonderful things; thy counsels of old are faithfulness and truth” (Isaiah 25:1).

“ Saya berdoa agar, walaupun kemuliaanNya yang tiada-tara Ia berkenan untuk menguatkan mu melalui kuasa Roh-Nya kedalam batinmu, sehingga dengan demikian Kristus berkenan tinggal didalam hatimu karena engkau percaya “ ( Epesus 3 : 16:17 )

“I pray that out of his glorious riches he may strengthen you with power through his Spirit in your inner being, so that Christ may dwell in your hearts through faith” (Ephesians 3:16-17).

Meekness ( santun / ramah ) – “ Saudara-saudara ! Kalau seseorang didapati melakukan kesalahan / dosa, hendaklah kamu yang hidup lebih rohani membimbing orang itu kembali pada jalan yang benar, dengan cara yang santun / ramah ; dan jagalah dirimu jangan sampai kalian sendiri tergoda juga. “ ( Galatia 6 : 1 )

“Brethren, if a man be overtaken in a fault, ye which are spiritual, restore such an one in the spirit of meekness; considering thyself, lest thou also be tempted” (Galatians 6:1).

“ Hendaklah kamu selalu rendah hati, santun, dan panjang sabar. Saling membantulah kamu dalam kasih.” ( Epesus 4 :2 )

“With all lowliness and meekness, with longsuffering, forbearing one another in love” (Ephesians 4:2).

Temperance / self-control ( kesederhanaan / penguasaan diri )- ” Justru karena itu, kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara seiman, dan kepada kasih akan saudara-saudara seiman kasih akan semua orang.” ( 2 Petrus 1 : 5-7 )

But also for this very reason, giving all diligence, add to your faith virtue, to virtue knowledge, to knowledge self-control, to self-control perseverance, to perseverance godliness, to godliness brotherly kindness, and to brotherly kindness love” (2 Peter 1:5-7).

NB : Buah-buah Roh adalah suatu kewajiban ataupun ibadah bagi setiap orang Kristen . Seseorang belumlah dapat dikatakan benar-benar seorang Kristen ( pengikut Kristus ) , bila padanya tak ada melekat sifat yang disebut pada buah-buah roh ( Buah buah Roh Kudus ).

Source : http://www.allaboutgod.com/Fruit-Of-The-Spirit.htm

Home

About these ads

~ by murid Jesus Christ on July 19, 2008.

24 Responses to “Buah buah Roh -> menurut Alkitab”

  1. Love jesus

  2. kadang ku merasa tidak bisa menahan emosi ketika kuingat pengkianatan yg dilakukan cewe yang kusayangin.oh jesus help me berikan hatiku damaiMu, hati yang seluas samudra…..bersama roh kudusMu

  3. bersama roh kudus bisa menciptakan keiklasan hati atas apa yang terjadi

  4. pacarku sering berbuat hal hal yang konyol dan menyebalkan,dia juga ga percaya aku padahal aku sudah jujur dan setia, aku jd nggak sabaran n kadang sulit memaafkan kl dia berbuat salah. So ampuni aku Tuhan saat ini aku mau mencoba mempraktekkan buah – buah Roh dalam hidupku, Tolong aku Roh Kudus

  5. Ya Tuhan mampukan aku untuk hidup kudus dalam pikiran, perkataan dan perbuatan sehari – hari agar aku masuk dalam pengangkatan dan tidak Engkau Tinggalkan. Amen

  6. @Aprilia Citra Dewi,

    Berpacaran itu tidak dilarang, asalkan dalam kesucian.

    Masa berpacaran adalah masa perkenalan, agar lebih mengenal pribadi kedua belah pihak.
    Kalau sesuai maka baik untuk dilanjut sampai ke jenjang perkawinan ( berumah-tangga ).

    Tapi kalau tidak ada kesesuaian atau tidak ada kecocokan pada kedua belah pihak, maka sebaiknya putuskan saja.
    Masih banyak yang lain yang lebih sesuai / cocok.

    Dalam ajaran Kristiani dianjurkan : ” Carilah pasangan yang seimbang ”

    Jadi carilah pasangan yang seimbang , khususnya dalam pola pikir dan terutama iman ( iman yang sama ).

    Kiranya Tuhan menolongmu Aprilia Citra Dewi.

  7. aku mau nanya kenapa aku belum punya pacar sampai sekarang? apa aku gak pantas untuk dicintai oleh seorang pria??

  8. @ murid JC,

    Maaf mas, mungkin ini ngga nyambung.

    Gue mau nanya, pada artikel di atas, kenapa God diterjemahkan Tuhan dan bukan Allah? Kenapa Lord diterjemahkan junjungan bukan Tuhan?

    Apakah ada hubungan dengan kelompok anti penggunaan nama Allah yang sedang menyusup masuk dalam gereja kita? Mohon dijelasin.

    Wasalam.

  9. @jboz,
    Bagi umat Kristen, Allah adalah sebutan / istilah, bukan nama.

    Allah atau Tuhan atau Tete Manise atau Kanjeng Gusti Agung atau Debata, atau sebutan / istilah lainnya dalam berbagai bahasa daerah , adalah sama saja , asal hatimu tertuju pada yang benar, untuk tujuan yang benar , dan sebab yang benar. Bukan sembarangan ! , apalagi untuk melegalkan perbuatan yang salah / jahat / dosa.

    Kalau mau belajar tentang nama-nama Tuhan menurut Alkitab , bacalah postingan di blog ini perihal Nama-nama Tuhan atau Names Of God ( lihat di daftar isi ).

    Sebutan yang di ajarkan Jesus Kristus adalah ” Bapa ” atau agar lebih jelas yaitu ” Bapa Kami Yang Di Surga “

  10. @evi,
    Saya hanya bisa bantu ikut berdoa , tapi yang utama adalah kamu sendiri harus berdoa, agar nyambung.
    ” Kiranya Tuhan berkenan mempertemukanmu dengan jodoh yang baik untukmu ”

    Salam !

  11. Tuhan Yesus sangat baik sekali. Lakukan apa yang menjadi kesukaa-Nya maka perhatikanlah apa yang akan terjadi.

    Jesus Love U

  12. Thank’s sdri aling ! Jesus love you too !

  13. oh Tuhan tolonglah aq, kadang aq tdak bisa menahan setiap amarahqu. tolang biarkanlah Engkau selalu dalam jiwaq. Amin

  14. Saya percaya dengan Yesus kerana saya tidak mencuri/tidak berbuat salah .

  15. [...] Buah buah Roh -> menurut Alkitab [...]

  16. maaf, tapi buah roh kudus hanya ada satu, bukan sembilan. Di dalam bahasa Yunani, juga bahasa Inggris tidak memakai istilah buah di dalam bentuk jamak (buah-buah), tepati dalam bentuk tunggal (buah). The only fruit of the Holy Spirit. Paulus tidak salah dalam menuliskan hal ini karena konsep Alkitab mengajarkan bahwa di dalam satu hidup dikeluarkan rasa yang berbeda. Buah Roh adalah satu buah dengan semilan rasa, bukan sembilan buah dengan sembilan rasa. Buah apel memiliki rasa manis, pahit, asam; dan bukankah setiap buah memiliki rasa yang bermacam-macam?

    Buah Roh Kudus hanya satu, tetapi memiliki sembilan macam rasa. Hal ini mengandung arti bahwa buah Roh Kudus berasal dari dalam dan tidak ditambah dari luar. Yang dari dalam berasal dari pengaliran hidup, tetapi yang dari luar adalah tambahan.

  17. Galatia 5:22-23 , disebut ciri sifat buah-buah Roh tersebut adalah : kasih ( love ), sukacita / bersyukur ( joy ), damai ( peace ), sabar / tabah ( longsuffering ), jujur dan bertanggung jawab ( gentleness ), baik ( goodness ), percaya ( faith ), ramah / santun ( meekness ) , dan kesederhanaan / penguasaan diri ( temperance ).

    NB: Jika seseorang telah dinaungi Roh Kudus, otomatis semua sifat yg tersebut diatas telah ada padanya

  18. Sangat membutuhkan untuk kegiatan dan kekuatan iman saya, Terima Kasih.

  19. Thanks…

  20. tuhan lindingilah aku siang dan malam karena aku ini orang berdosa…………………. amin

  21. i believe Jesus

  22. Yes….. Tuhan Yesus adalah juruh selamat, Manusia 100% dan tdk ada yg mengatakan seperti itu selain Tuhan Yesus…Amin

  23. i love Jesus

  24. I LOVE YOU YESUS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: