Injil Barnabas

Injil Barnabas Injil Palsu

Lembaran Barnabas Spanish Lembaran asli Injil Barnabas Spanish

Lembaran Barnabas Italian Lembaran asli Injil Barnabas Italian


Fakta-Fakta  Kepalsuan Injil Barnabas :

Injil Barnabas mengandung sejumlah anakronisme serta ketidakselarasan historis yang jelas:

* Injil Barnabas mengatakan bahwa Yesus berlayar menyeberangi Laut Galilea ke Nazaret – yang sesungguhnya berada di darat; dan dari situ “naik” ke Kapernaum – yang sesungguhnya berada di tepi danau (pasal 20-21) . Artinya, penulis injil Barnabas ini sesungguhnya tidak mengerti perihal daerah yang ditulisnya.

Nazaret Galilee Kapernaum

* Yesus dikatakan lahir pada masa pemerintahan Pontius Pilatus, yang dimulai setelah tahun 26 M.  Padahal Yesus sesungguhnya lahir pada masa pemerintahan Raja Herodes Agung (Matius 2:1).   Artinya , penulis injil Barnabas ini bukanlah seorang yang benar-benar paham tentang Injil ( Alkitab ) dan juga tidak benar-benar paham tentang sejarah.

* Penulis injil Barnabas tampaknya tidak menyadari bahwa ‘Kristus’ ( Christos ) dan ‘Mesias’ adalah terjemahan dari kata yang sama ( mempunyai arti yang sama ); ia menggambarkan Yesus sebagai “Yesus Kristus” namun mengklaim bahwa ‘Yesus mengaku dan mengatakan kebenarannya, “Aku bukanlah Sang Mesias”‘ (ps. 42).

* Dalam kitab ini, dikatakan bahwa Tahun Yobel dirayakan setiap 100 tahun. Padahal berdasarkan fakta sejarah: Dalam kitab Taurat Yahudi, tahun Yobel dirayakan setiap 50 tahun sekali .  Baru setelah masa Paus Bonifatius VIII (1300 M), dideklarasikan bahwa tahun Yobel dilakukan setiap 100 tahun.

Artinya, kitab ini ditulis dalam rentang waktu sangat jauh setelah kebangkitan Kristus (yaitu sesudah tahun 1300 M). Tidak mungkin ini ditulis oleh seorang yang  hidup bersama-sama Yesus Kristus. Karena orang yang hidup sezaman dgn Yesus maupun sesudahnya (kisaran abad 1) pasti mengetahui dengan pasti bahwa peringatan tahun Yobel adalah dirayakan setiap 50 tahun sekali.

* Pada injil Barnabas ditulis Adam dan Hawa memakan buah apel (ps. 40); sementara asosiasi tradisional antara buah Pohon Pengetahuan Hal Yang Baik dan Jahat (Kejadian 2)  dengan buah apel disebabkan oleh penerjemahan Alkitab Ibrani ke dalam bahasa Latin, di mana ‘apel’ maupun ‘kejahatan’ sama-sama diterjemahkan dengan kata ‘malum’.

* Injil ini berbicara tentang anggur yang disimpan di tong-tong kayu – sebuah ciri khas daerah Gaul dan Italia Utara (pasal 152); sementara anggur di Palestina pada abad ke-1 disimpan di kantong-kantong kulit dan bejana (Amphorae). Pedunculate atau Eik Inggris (quercus robur) tidak tumbuh di Palestina; dan jenis-jenis kayu yang lain tidak cukup memiliki jalinan yang cukup ketat terhadap udara untuk digunakan sebagai kotak tong-tong anggur.

* Dalam pasal 91, “Empat Puluh Hari” dirujuk sebagai puasa tahunan. Ini sesuai dengan tradisi puasa Kristen selama 40 hari pada masa Lent ;  sebuah praktik yang tidak ada sebelum Konsili Nicea (325). Demikian pula dalam Yudaisme di masa Yesus tidak ada puasa selama 40 hari (lihat Mishnah, Traktat: Taanith “Hari-hari Puasa”)

====================================================================

Masihkah anda ngotot mengatakan bahwa injil Barnabas itu injil asli ?

Umat Kristiani , berhati-hatilah : bukan hanya Injil Palsu , Tuhan Yesus telah memperingatkan bahwa sebelum ahir jaman  banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

~ by murid Jesus Christ on May 31, 2009.

19 Responses to “Injil Barnabas”

  1. Tahukah anda kalo Yesus Kristus berkata :

  2. @Rigan, anda tidak salah jika menyebut demikian.

    Bacalah seluruh Kitab Johannes dan jangan hanya sebagian ( sepotong ) , agar saudara lebih mengenal siapa sesungguhnya Jesus Kristus itu.
    Bila perlu, bacalah keseluruhan Kitab Injil .

    Kiranya Roh Ul Kudus berkenan menolong anda untuk bisa mengerti Kitab Injil.

    Havenu Shalom Elohim !

  3. @ Rigan,

    Ambillah nasihat @murid JC dengan hati terbuka. Seingat saya, hal yang sama telah saya anjurkan. Kalo kamu hanya mau mencari kesalahan keyakinan kami, itu percuma saja.

    Coba perhatikan seluruh Fasal 17. Jangan baca sepotong2 (kayaknya kamu pikir ini saja sabda Yesus dalam Kitab Injil (pikirkan dan hubungkan semua ayat dlm Injil Yuhana (ada kurang lebih 4000 ayat)dan seseudah itu buat kesimpulan ttg Yesus.

    Allah memberi hidup yang kekal ==> ini ajaran dari kitab PL!

    Allah dalam Kitab Injil memberi hidup yang kekal.

    Yesus memberi hidup yang kekal (masak manusia@ nabi bisa beri hidup yang kekal! Hanya Allah saja yang bisa memberi hidup yang kekal, karena apa? Karena Dia Allah, Dia sendiri Maha Kekal & Maha Hidup dan dalam Dia ADA HIDUP!)

    Maka, bilamana dinyatakan Yesus sendiri disejajarkan dengan Allah dalam memberi hidup kekal, sungguh Yesus itu adalah Allah itu sendiri (Firman-Nya yg menjelma1).

    Tinggal baca.

  4. 4000 ayat???
    Itukah cara termudah untuk menjawab Pertanyaan tentang keraguan Ketuhanan Jesus,,
    Gimana cara Pendeta meyakinkan orang dengan 4000 ayat tsb,,
    Begitu susahnya utk mengenaLi keTuhanan Jesus,,

  5. kita semua tau bahwa Umat Kristiani sering dianggap kafir karena kita dianggap menyembah 3 Allah.. Tritunggal yg dimaksud dalam ajaran Kristen adalah Allah digambarkan seperti Bapa, Anak dan Roh.
    Allah tidak hanya dikatakan sebagai Bapa, namun Allah jg digambarkan sebagai Ibu(lih. Yesaya 66:13). Allah dikatakan sebagai Bapa, tertulis di Yeremia 3:19, Yohanes 20:17, Matius 6:25-34.
    Allah juga hadir dalam diri Yesus dari Nazareth. Yohanes memakai istilah penjelmaan utk menjelaskan kehadiran Allah dalam diri Yesus. Dialah Logos, yg menjadi manusia. Artinya bahwa Allah hadir dalam diri Yesus sebagai Firman untuk menyelamatkan manusia.Firman itu tidak mengubah manusia Yesus menjadi sepenuhnya, tetapi Ia adalah sepenuhnya ilahi sekaligus manusiawi. Keilahian dan Kemanusiawiannya tidak tercampur tapi jg tidak terpisah. Ia adalah pengantara manusia dengan Bapa. Dialah Firman Bapa yang terakhir dan tertinggi kepada umat manusia. Dia adalah anugrah Bapa kepada manusia yang hadir untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan membawanya kembali kepada Allah. Karena itu, Dia menjadi jalan da perantara. Inilah yang dihayati Yesus, bahwa Dia adalah utusan dan perantara yang tetap menghormati Bapa dalam doa-doaNya(lih. MAt 24:36; Luk 23:34; Yoh 5:19,30)
    Selanjutnya Alkitab memberikan kesaksian tentang kenyataan Allah sebagai Roh. Roh yang aktif dan terus berkarya. Roh yg menciptakan dunia(Kej 1:1-2) dan yg terus berkarya memelihara dunia sampai saat ini. Allah sebagai Roh tak terbatas ruang dan waktu. IA bebas berkarya dengan memakai manusia yg kepadanya Ia berkenan. Ia berkarya melalui Para Nabi di jaman PL sampai pada masa PB yg menyanggupkan manusia utk bisa merasakan dan mengenal Allah dalam Yesus, serta yg terus bekerja sampai hari ini di dalam memimpin dan memelihara dunia ini.

    Anda yg ingin berkomentar tentang agama Kristen, khususnya Kristen Protestan, pelajarilah dahulu Allah kami sebagai Allah Tri Tunggal, bukan Polytheisme yg kita ajarkan. Allah kita satu, namun Ia luar biasa. Ia dapat mendekatkan diri dengan manusia dengan tiga penggambaran. Memang susah utk mengenali Yesus, namun jika beriman kepadanya maka kita tau bahwa Yesus sesungguhnya ada di dalam kita masing-masing pribadi..
    Jesus Bless You All in The World…

  6. @William Alexander,
    Terimakasih atas tulisannya.

    Memang kalau kita ingin mengetahui rahasia perihal Bapa Sorgawi / Jesus Kristus / Roh Kudus, maka kita harus lebih banyak dan lebih banyak lagi belajar Bible, khususnya New Testament ( Perjanjian Baru ), dan rahasia itu pada saatnya akan dibukakan dengan pertolongan Roh Kudus.

    Ora et Labora !

  7. roh kudus???
    saudara-saudaraku yang terkasih, janganlah percaya akan setiap roh tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia (yohanes 4:1).
    seperti apa roh dari Allah itu???
    setiap roh yang mengaku bahwa Yesus kristus telah datang sebagai MANUSIA, berasal dari Allah (yohanes 4:2)

    INILAH HIDUP YANG KEKAL ITU yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus kristus yang telah Engkau utus. (laailaa ha illallahu Yesus rasullullah) (yohanes 17:3)

  8. @mastaka

    1 Johanes 4 : 1 s/d 8

    1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
    2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
    3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
    4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
    5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
    6 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.
    7 Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.
    8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
    ——————————————————————————-
    NB : Mengenai Johannes 17:3 anda benar, tapi bacalah keseluruhan Johannes 17 .

    Dan sebagai tambahan bandingkan dengan :
    Johannes 8:42. Kata Yesus kepada mereka: ”Jikalau Tuhan adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Tuhan. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku “.
    ————————————————————
    Salam !

  9. Maju truss
    http://boeangsaoet.wordpress.com

  10. injil barnabas, saya ingin mengetahuinya isinya. apa ada terjemahannya juga?

  11. ” LA ILLAHA ILLALLAH YESUS KRISTUS RASULULLAH “??
    dapat dari mana kata2 ini ??
    adakah alkitab di terjemahkan jg ke bahasa arab ?🙂
    kenapa jg di perdebatkan injil barnabas asli atau tidak?
    saya dengar jg ada inji YUDAS
    keduanya saya tidak tahu isinya
    tp setahu saya kalau tidak disahkan oleh gereja berarti ya kitab injil itu palsu
    No need wasting ur time to read that
    salah2 novel karangan “Dan Brown” nanti di kira injil “Dan Brown”
    tidak asik bgt

  12. LA ILLAHA ILLALLAH YESUS KRISTUS RASULULLAH “?
    seperinya saya gk pernah dengar kata ini…
    saya juga termasuk orang yg sering baca alkitab tapi kok kata di atas gk saya tau ya…

  13. @aprylina verawati, ya ,
    tapi itu iman sipenulis di atas masih setingkat itu, biar sajalah …

  14. itu masih mendingan yg asli masih ada… bible anda masihkan ada..?? emang ada y injil dari indonesia..?? kq tu tulisannya bhasa indonesia.. mang yesus bisa bahasa indonesia..?? waktu itu indonesia sudah ada belom y..?? kq jadi bingung q..??

  15. @Anonymous, janganlah bingung
    Bible atau Injil bahasa Indonesia itu adalah terjemahan dari yg asli

    kamu belum baca tulisan-tulisan yg ada di Daftar Isi kan ? ada judul yg berkaitan dengan komentar anda.

  16. kenape pd bicarakan hal@ gk penting yg penting kamu semua itu sudahkah hidupmu berkenan di hati TUHAN…apa hatimu udah mengenal hati TUHAN YESUS? DIA ingin jiwa2 di dunia ini terselamatkan masuk kerajaan SorgaNya yg kekal. bukan malah ribut injil asli or bukan. Kenali hati YESUSmu…

  17. ASSALAMULAIKUM WAHAI AHLI KITAB, SYA ADA SOALAN MEGENAI KIRSTIAN, APAKAH KUNCI ORANG KRISTIAN UNTUK MEMASUKI SYURGA?

  18. @ tajul, silahkan baca tulisan : Pernyataan Jesus perihal Ahir Jaman , atau klik https://murid1jesus.wordpress.com/2009/04/21/pernyataan-jesus-4/

    semoga bisa mengerti

  19. ASSALAMULAIKUM WAHAI AHLI KITAB, SYA ADA SOALAN MEGENAI KIRSTIAN, APAKAH KUNCI ORANG KRISTIAN UNTUK MEMASUKI SYURGA?

    Already clear / sudah sangat jelas :
    Yohanes 14:6
    Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku “.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: