Pernyataan Yesus

Johanes 8: 12-59

12. Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: ”Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, tetapi akan mempunyai Terang kehidupan.”

jesus-terang-dunia

13. Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: ”Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar.”

14. Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: ”Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku ini benar, sebab Aku tahu dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi.
15. Kamu menghakimi menurut ukuran daging ( manusia ); Aku tidak menghakimi seorang pun ( menurut ukuran manusia => red ).
16. Dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku adalah benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku dan sang Bapa yang mengutus Aku.
17. Ini juga tertulis dalam kitab hukummu, bahwa kesaksian dua orang adalah benar .   18. Aku sendiri yang membuat pernyataan dari diriKu sendiri, dan Bapa yang mengutus Aku yang telah membuat pernyataan melalui Aku.”

jesus-dan-ahli-taurat

19. Maka kata mereka kepada-Nya: ”Di manakah Bapa-Mu?”

Jawab Yesus: ” Kamu tidak kenal Aku ataupun Bapa-Ku . Jikalau kamu telah mengenal Aku, kamu tentu telah mengenal Bapa-Ku juga.”

20. Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorang pun yang menangkap Dia, karena saat-Nya belum tiba.

21. Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak : ”Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku, dan kamu akan mati dalam dosa-dosa mu. Ke tempat Aku pergi, kamu tidak bisa datang.”

22.Maka kata orang-orang Yahudi itu: ”Apakah Ia mau bunuh diri ? sebab dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, kamu tidak bisa datang ”

23. Lalu Ia berkata kepada mereka: ”Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.   24. Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosa-dosa mu : jikalau kamu tidak percaya bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosa-dosa mu.”

25. Maka kata mereka kepada-Nya: ”Siapakah Engkau?”

Jawab Yesus kepada mereka: ” Hal yang sama sebagaimana telah kukatakan pada mu dari permulaan .
26. Banyak hal yang harus Ku katakan dan Ku tegur tentang kamu; tetapi Dia yang mengutus Aku adalah kebenaran, dan apa yang Ku katakan kepada dunia adalah apa yang telah Ku dengar dari Nya.”

27. Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

28. Maka kata Yesus: ”Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal sebagaimana diajarkan Bapa Ku kepada Ku.
29. Dan Ia yang mengutus Aku adalah bersama Ku : sang Bapa tidak membiarkan Aku sendiri, karena Aku senantiasa berbuat hal-hal yang berkenan kepada-Nya.”

30. Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya.

31. Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: ”Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, maka kamu adalah benar-benar murid-Ku   32. dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

33. Jawab mereka: ”Kami adalah keturunan Abraham dan tidak pernah menjadi hamba siapa pun. Bagaimana Engkau dapat berkata : kamu akan merdeka ?”

34. Kata Yesus kepada mereka: ” Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.   35. Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetapi Anak tetap tinggal dalam rumah.   36. Jadi apabila Anak memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”

37. “Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu mencari jalan untuk membunuh Aku, karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu.   38. Aku mengatakan apa yang kulihat pada Bapa-Ku, dan kamu berbuat apa yang kamu lihat dari bapamu.”

39Jawab mereka kepada-Nya: ”Bapa kami ialah Abraham.”

Kata Yesus kepada mereka: ”Jikalau kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham.   40.Tetapi nyatanya kamu mencari jalan untuk membunuh Aku , seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu yaitu yang Kudengar dari Tuhan; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham.   41. Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri.”

Jawab mereka: ”Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Tuhan.”

42. Kata Yesus kepada mereka: ”Jikalau Tuhan adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Tuhan. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

43. Mengapa kamu tidak mengerti ucapan-Ku ? juga apa sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku.   44. Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.
45. Tetapi karena Aku mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku.

46. Siapakah di antaramu yang dapat membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Jika Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku?

47. Dia yang berasal dari Tuhan, mendengarkan ucapan Tuhan ; sebab itulah kamu tidak mendengarnya karena kamu tidak berasal dari Tuhan.”

48.Kemudian orang-orang Yahudi menjawab Yesus: ”Bukankah benar kalau kami katakan bahwa Engkau orang Samaria dan kerasukan setan?”

49. Jawab Yesus: ”Aku tidak kerasukan setan, Aku menghormati Bapa-Ku, tetapi kamu tidak menghormati Aku.   50. Dan Aku tidak mencari hormat bagi-Ku ; ada juga seorang yang mencari hormat dan menghakimi.

51. Sesungguhnya, Aku katakan kepadamu : Barang siapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.”

52. Kemudian kata orang-orang Yahudi kepada-Nya : ”Sekarang kami tahu, bahwa Engkau kerasukan setan. Sebab Abraham telah mati, dan demikian juga nabi-nabi, namun Engkau berkata: Barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.   53. Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati ! Nabi-nabi pun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?’

54. Jawab Yesus: ”Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu tidak ada artinya. Bapa-Ku lah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata bahwa Dia adalah Tuhan kamu,  55. Padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia.
Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku memelihara firman-Nya.
56.Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.”

57. Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: ”Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?”

58. Kata Yesus kepada mereka: ” Sesungguhnya Aku katakan kepadamu, sebelum Abraham jadi, Aku ada.”

59. Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

————————————————————————————————————————————————

John 8 : 12-59 ( KJV )

12.Then spake Jesus again unto them, saying, I am the light of the world: he that followeth me shall not walk in darkness, but shall have the light of life.   13.The Pharisees therefore said unto him, Thou bearest record of thyself; thy record is not true.   14.Jesus answered and said unto them, Though I bear record of myself, yet my record is true: for I know whence I came, and whither I go; but ye cannot tell whence I come, and whither I go.   15.Ye judge after the flesh; I judge no man.   16.And yet if I judge, my judgment is true: for I am not alone, but I and the Father that sent me.   17.It is also written in your law, that the testimony of two men is true.   18.I am one that bear witness of myself, and the Father that sent me beareth witness of me.   19.Then said they unto him, Where is thy Father? Jesus answered, Ye neither know me, nor my Father: if ye had known me, ye should have known my Father also.   20.These words spake Jesus in the treasury, as he taught in the temple: and no man laid hands on him; for his hour was not yet come.   21.Then said Jesus again unto them, I go my way, and ye shall seek me, and shall die in your sins: whither I go, ye cannot come.   22.Then said the Jews, Will he kill himself? because he saith, Whither I go, ye cannot come.   23.And he said unto them, Ye are from beneath; I am from above: ye are of this world; I am not of this world.   24.I said therefore unto you, that ye shall die in your sins: for if ye believe not that I am he , ye shall die in your sins.   25.Then said they unto him, Who art thou? And Jesus saith unto them, Even the same that I said unto you from the beginning.   26.I have many things to say and to judge of you: but he that sent me is true; and I speak to the world those things which I have heard of him.   27.They understood not that he spake to them of the Father.   28.Then said Jesus unto them, When ye have lifted up the Son of man, then shall ye know that I am he , and that I do nothing of myself; but as my Father hath taught me, I speak these things.   29.And he that sent me is with me: the Father hath not left me alone; for I do always those things that please him.   30.As he spake these words, many believed on him.   31.Then said Jesus to those Jews which believed on him, If ye continue in my word, then are ye my disciples indeed;   32.And ye shall know the truth, and the truth shall make you free.   33.They answered him, We be Abraham’s seed, and were never in bondage to any man: how sayest thou, Ye shall be made free?   34.Jesus answered them, Verily, verily, I say unto you, Whosoever committeth sin is the servant of sin.   35.And the servant abideth not in the house for ever: but the Son abideth ever.   36.If the Son therefore shall make you free, ye shall be free indeed.   37.I know that ye are Abraham’s seed; but ye seek to kill me, because my word hath no place in you.   38.I speak that which I have seen with my Father: and ye do that which ye have seen with your father.   39.They answered and said unto him, Abraham is our father. Jesus saith unto them, If ye were Abraham’s children, ye would do the works of Abraham.   40.But now ye seek to kill me, a man that hath told you the truth, which I have heard of God: this did not Abraham.   41.Ye do the deeds of your father. Then said they to him, We be not born of fornication; we have one Father, even God.   42.Jesus said unto them, If God were your Father, ye would love me: for I proceeded forth and came from God; neither came I of myself, but he sent me.   43.Why do ye not understand my speech? even because ye cannot hear my word.   44.Ye are of your father the devil, and the lusts of your father ye will do. He was a murderer from the beginning, and abode not in the truth, because there is no truth in him. When he speaketh a lie, he speaketh of his own: for he is a liar, and the father of it.   45.And because I tell you the truth, ye believe me not.   46.Which of you convinceth me of sin? And if I say the truth, why do ye not believe me?   47.He that is of God heareth God’s words: ye therefore hear them not, because ye are not of God.   48.Then answered the Jews, and said unto him, Say we not well that thou art a Samaritan, and hast a devil?   49.Jesus answered, I have not a devil; but I honour my Father, and ye do dishonour me.   50.And I seek not mine own glory: there is one that seeketh and judgeth.   51.Verily, verily, I say unto you, If a man keep my saying, he shall never see death.   52.Then said the Jews unto him, Now we know that thou hast a devil. Abraham is dead, and the prophets; and thou sayest, If a man keep my saying, he shall never taste of death.   53.Art thou greater than our father Abraham, which is dead? and the prophets are dead: whom makest thou thyself?   54.Jesus answered, If I honour myself, my honour is nothing: it is my Father that honoureth me; of whom ye say, that he is your God:   55.Yet ye have not known him; but I know him: and if I should say, I know him not, I shall be a liar like unto you: but I know him, and keep his saying.   56.Your father Abraham rejoiced to see my day: and he saw it , and was glad.   57.Then said the Jews unto him, Thou art not yet fifty years old, and hast thou seen Abraham?   58.Jesus said unto them, Verily, verily, I say unto you, Before Abraham was, I am.   59.Then took they up stones to cast at him: but Jesus hid himself, and went out of the temple, going through the midst of them, and so passed by.

~ by murid Jesus Christ on March 8, 2009.

One Response to “Pernyataan Yesus”

  1. Apakah cerita tuhan yesus benarr2 terjadi??tolong dibalas

Leave a Reply

 
