Historical Jesus

Jesus tokoh sejarah :

Penelitian Historical Jesus ( jejak sejarah tentang Yesus ), Jesus disebut dengan berbagai macam sebutan oleh banyak orang , termasuk a great man ( manusia besar ), a great teacher ( guru besar ), a great prophet ( nabi besar ) .

Ada juga pelajar / sarjana yang secara tidak sah menyangkal bahwa Yesus adalah tokoh sejarah yang menjalani kehidupan dibumi ini sekitar 2000 tahun lalu, yang telah melakukan tanda-tanda ajaib, yang telah berbuat amal kebaikan, dan mati secara mengerikan di sebuah kayu salib orang Roma di luar kota Jerusalem.

Saya kira bagi saya tidak pernah ada masalah tentang sejarah Jesus . Sama seperti Buddha, Confucius, Zoroaster, atau Muhammad , saya melihat bahwa Jesus hanyalah salah satu pemimpin agama yang ditemukan dalam sejarah.

Saya harus coba berkata-kata ( bersudut pandang ) sebagai seorang yang tidak ber Tuhan ( atheis ). Saya pernah mentest sejumlah orang yang secara total menghapus Jesus sebagai tokoh sejarah .
Mereka bertahan dengan pendapat / dongeng mereka yang bervariasi dan juga dengan teory konspirasi. Ternyata saya temukan bahwa argumen mereka lemah.

Coba kita perhatikan , dalam bahasa Inggris keseluruhan , sejarah dibagi 2 prinsip periode waktu yaitu BC = Before Christ ( sebelum Masehi ) dan AD= Anno Domini berasal dari bahasa Latin artinya Tahun dari Tuhan kita ( Sesudah Masehi ) .
Walaupun dimasukkan kesalah satu label BC atau AD ataupun ke label baru yang telah dikoreksi secara politis yaitu label BCE / CE , kelahiran Jesus Kristus selalu membagi dua garis sejarah.
Juga, tidak seorangpun dapat menyangkal fakta bahwa setiap pemimpin dari setiap agama besar telah dihadapkan pada keberadaan Jesus.
Para Muslim mengakui bahwa Jesus adalah Nabi , sementara Jahudi memandangNya sebagai seorang pemberontak yang menghujat atau sebagai seorang rabbi yang luar biasa yang ditinggikan bagai dewata oleh pengikutnya yang non Jahudi dan musyrik, banyak penganut Budha menyalami Jesus sebagai bodhisattva ( orang yang mencapai kebenaran / kesempurnaan dan berjanji untuk menolong orang lain ). Sementara ada Hindu tradisional mengatakan bahwa Jesus sebenarnya seorang guru yang telah mempelajari meditasi yoga di India.

Oke , jadi orang yang kita kenal sebagai Jesus dari Nazareth itu telah menjadi tokoh sejarah. Sekali lagi, saya tidak punya masalah dengan realitas itu . Tapi, bagaimana tentang kehidupan dan kematianNya tercatat di Bible ? Oh.. tunggu dulu, bagaimana dengan semua yang tertulis di Old Testament yang meramalkan / menjanjikan datangnya seorang Mesiah ( Juru Selamat ).

NB : Old Testament adalah kitab-kitab suci tua yang menjadi bagian dari Bible ( Alkitab ) dan dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Perjanjian Lama . Kitab-kitab ini memuat mulai dari penciptaan bumi, Adam / Hawa, kisah nabi-nabi terdahulu, sampai kisah bangsa Israel..

Historical Jesus : Source / link to http://www.allaboutthejourney.org/historical-jesus.htm

Baca Lanjutan : Siapakah Mesiah

~ by murid Jesus Christ on May 10, 2008.

2 Responses to “Historical Jesus”

  1. Aduh, saya jadi bingung, maksudnya gimana ya mas, apakah artikel ini akan bergerak ke bukti sejarah atau gimana yah😕

  2. Trimakasih telah berkunjung mas sigit, tulisan di atas hanyalah penghantar menuju tulisan-tulisan berikutnya al.” Siapakah Mesiah ” , dikutip dari http://www.allaboutthejourney.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: